January 24, 2020

Cara Menyusun Resume dengan 7 Langkah Mudah

Cara Menyusun Resume dengan 7 Langkah Mudah – Membuat resume dapat menjadi tantangan ketika Anda mulai memikirkan semua informasi yang Anda butuhkan untuk dibagikan kepada calon pemberi kerja.

Riwayat pekerjaan, latar belakang pendidikan, keterampilan, dan kualifikasi Anda perlu disajikan dengan cara yang akan membantu Anda dipilih untuk wawancara kerja. Daripada daftar sederhana pekerjaan yang telah Anda pegang, penting untuk memasukkan informasi spesifik ke posisi yang Anda lamar.

Apa cara termudah untuk menulis resume? Jika Anda melihat resume bangunan sebagai proses langkah-demi-langkah, itu akan lebih mudah dilakukan dan jauh lebih sulit. Setelah Anda membuat resume pertama atau menyegarkan yang lama, Anda bisa mengubahnya untuk disesuaikan dengan pekerjaan ketika Anda melamar posisi terbuka.

Baca terus untuk cara membuat resume, komponen yang diperlukan dalam resume pemenang wawancara, contoh apa yang harus dimasukkan dalam setiap bagian, cara memformat resume Anda, opsi untuk menyimpan dokumen Anda, dan tips untuk menulis resume yang akan menangkap perhatian mempekerjakan manajer.

Cara Menyusun Resume dengan 7 Langkah Mudah

Sebelum Anda Mulai Membuat Resume Anda

Pilih Software Pengolah Kata

Sebelum Anda mulai mengerjakan resume Anda, Anda membutuhkan pengolah kata. Jika Anda tidak memiliki software pengolah kata yang terpasang di komputer Anda, berikut adalah pengolah kata online gratis, seperti Google Documents, Anda dapat menggunakannya. Salah satu manfaat bekerja online adalah Anda dapat memperbarui, mengirim, dan membagikan resume Anda dari komputer atau perangkat apa pun yang Anda gunakan. Itu membuat proses aplikasi jauh lebih sederhana karena Anda akan dapat dengan mudah melamar pekerjaan dari mana saja yang mungkin nyaman bagi Anda.

Rencanakan Kerangka Dasar Resume Anda

Selanjutnya, pertimbangkan kerangka dasar resume Anda. Lebih banyak belum tentu lebih baik, jadi Anda bertujuan untuk menjadi ringkas bukan panjang. Pengusaha mencari sinopsis sertifikat Anda; tidak semua yang telah Anda lakukan dalam karir Anda. Dalam banyak kasus, resume satu halaman sudah cukup. Jika Anda memiliki pengalaman luas, mungkin perlu waktu lebih lama.

Tujuan Anda adalah untuk membuat kagum manajer perekrutan dan menyajikan dokumen yang mempromosikan Anda sebagai kandidat ideal untuk posisi tersebut. Tinjau tips-tips ini untuk membuat resume yang akan membantu Anda mendapatkan wawancara kerja.

1. Kumpulkan Informasi Pribadi dan Informasi Pekerjaan Anda

Kumpulkan semua informasi yang perlu Anda sertakan sebelum mulai menulis resume Anda. Jauh lebih mudah untuk menulis, mengedit, dan memformat dokumen ketika Anda memiliki semua detail yang Anda butuhkan di depan Anda.

Baca Juga: Contoh Resume Guru dan Tips Menulis Resume

Sebelum Anda mulai, buatlah daftar informasi kontak yang ingin Anda gunakan, semua pekerjaan Anda, pendidikan Anda, pelatihan, sertifikasi, keterampilan, dan kredensial lainnya.

2. Tulis Resume Anda

Ketika Anda telah mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan, itu harus terdaftar dalam urutan berikut. Jangan khawatir tentang font dan memformat dokumen Anda. Dapatkan semua yang ingin Anda sertakan di halaman. Akan lebih mudah untuk diedit ketika Anda dapat melihat gambar lengkap pencalonan Anda.

Setelah semuanya di atas kertas, Anda akan dapat menyesuaikan ukuran dan jenis font, spasi, dan menambahkan opsi format ke resume Anda.

Apa yang Harus Ditulis di Setiap Bagian

  1. Header dari Resume
  2. Nama Lengkap (Pemohon Jane M. atau Pemohon Jane)
  3. Alamat Jalan (opsi untuk mencantumkan alamat Anda)
  4. Kota, Negara Bagian, Zip
  5. Alamat Email (jangan gunakan email kantor Anda)
  6. Nomor Telepon (pastikan Anda memiliki pesan suara profesional untuk panggilan tidak terjawab)

Profil

Menambahkan profil atau tujuan pada resume Anda memberi perekrut gambaran singkat tentang kualifikasi Anda. Ini adalah komponen opsional dari resume. Jika Anda memasukkannya, fokuslah pada apa yang dicari calon pemberi kerja daripada apa yang Anda inginkan dalam pekerjaan Anda berikutnya. Mempekerjakan manajer ingin tahu apa yang Anda tawarkan.

Ringkasan Kualifikasi

Ringkasan kualifikasi adalah bagian opsional lain dari resume. Ini adalah pernyataan yang mencakup keterampilan, kemampuan, pengalaman, dan apa yang membuat Anda memenuhi syarat untuk posisi itu.

Pengalaman

Riwayat pekerjaan Anda adalah komponen terpenting dari resume Anda. Pengusaha akan ingin tahu di mana Anda telah bekerja, kapan Anda bekerja di sana, dan tanggung jawab apa yang Anda miliki di setiap peran yang Anda miliki. Mereka akan mencari untuk melihat bagaimana pengalaman Anda sejalan dengan apa yang mereka cari dari calon karyawan.

Buat daftar pekerjaan dan magang yang telah Anda lakukan secara kronologis terbalik, dengan posisi terbaru terlebih dahulu.

Untuk setiap posisi, sertakan: jabatan, perusahaan, lokasi, tanggal kerja, dan daftar pencapaian tertinggi untuk setiap pekerjaan.

Kata kerja harus berbentuk present tense untuk pekerjaan Anda saat ini jika Anda bekerja, dan past tense untuk pekerjaan sebelumnya.

Jika Anda tidak yakin tentang tanggal kerja, inilah cara membuat ulang riwayat kerja Anda. Penting untuk akurat karena pengusaha melakukan pemeriksaan latar belakang.

Pekerjaan sukarela

Jika Anda memiliki pengalaman sukarela yang terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar, atau jika Anda mengajukan diri untuk menghindari kesenjangan pekerjaan, buatlah daftar sukarela seperti halnya pekerjaan yang Anda miliki. Tinjau kiat-kiat ini untuk menyertakan pekerjaan sukarela di resume Anda.

Pendidikan

Bagian pendidikan umumnya datang berikutnya. Anda hanya perlu mendaftar gelar yang diperoleh, dengan yang tertinggi terlebih dahulu, jika Anda telah keluar dari sekolah selama beberapa tahun.

Jika Anda seorang mahasiswa atau lulusan baru, bagian pendidikan dari resume Anda dapat dicantumkan di atas riwayat pekerjaan Anda. Jika Anda memiliki pengalaman kerja, daftarlah di bawah bagian itu. Pendidikan harus terdaftar dalam urutan kronologis terbalik, dengan pendidikan paling baru dan paling maju terlebih dahulu. Sertakan nama sekolah, gelar yang diperoleh, dan tanggal Anda lulus.

Apakah Anda memasukkan IPK di resume Anda tergantung pada berapa lama Anda lulus dan seberapa tinggi IPK Anda.

Sertifikasi

Bagian selanjutnya dari resume Anda termasuk sertifikasi yang Anda miliki.

Penghargaan dan Prestasi

Jangan malu menyebutkan penghargaan dan prestasi yang telah Anda raih. Mereka menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda adalah kandidat yang memiliki kredibilitas baik yang telah diakui atas prestasi Anda.

Keterampilan

Bagian resume ini mencakup keterampilan yang Anda miliki yang terkait langsung dengan pekerjaan yang Anda lamar. Pengusaha biasanya mendaftar keterampilan yang diperlukan atau lebih disukai dalam daftar pekerjaan ketika merinci kualifikasi untuk posisi itu. Daftarkan kemampuan Anda yang paling terkait di sini, menggunakan format daftar berpoin.

Minat pribadi

Jika Anda memiliki minat pribadi yang sangat terkait dengan posisi yang Anda lamar, daftarkan mereka di sini. Ini dapat membantu jika Anda melamar pekerjaan di mana Anda tidak memiliki banyak pengalaman kerja terkait, tetapi Anda memiliki keahlian yang dicapai dengan cara lain.

3. Pilih Format Resume

Ada tiga tipe dasar format resume yang dapat Anda gunakan. Format yang Anda pilih akan bergantung pada riwayat pekerjaan dan sertifikasi Anda.

Kronologis: Ini adalah yang paling sering digunakan dan menyajikan riwayat pekerjaan Anda dimulai dengan pekerjaan terbaru terlebih dahulu.

Fungsional: Jika Anda memiliki riwayat kerja yang buruk, Anda mungkin ingin menggunakan resume fungsional yang berfokus pada keterampilan dan pengalaman Anda.

Kombinasi: Tata letak resume ini mencakup keterampilan dan riwayat kerja kronologis Anda.

Jika Anda memilih resume fungsional atau kombinasi, sesuaikan informasi yang Anda masukkan. Dengan resume fungsional, Anda akan menyoroti kualifikasi pekerjaan Anda. Dengan resume kombinasi, keahlian Anda akan didaftar pertama, diikuti oleh riwayat pekerjaan Anda.

4. Format Teks Resume Anda

Cara Menyusun Resume ini sangatlah penting. Saat Anda memilih font untuk resume Anda, yang sederhana menjadi yang paling baik. Pengecualian untuk aturan itu adalah jika Anda melamar posisi terkait desain di mana resume Anda dapat menunjukkan keahlian desain Anda.

Pilih Font: Font dasar seperti Arial, Calibri, Times New Roman, atau Verdana adalah pilihan yang baik karena resume Anda perlu untuk mudah dibaca oleh manajer perekrutan. Konsistensi juga penting. Gunakan font yang sama di seluruh resume Anda dan dalam surat lamaran Anda.

Ukuran dan Jenis Font: Gaya dan ukuran font dapat bervariasi. Misalnya, Anda dapat menggunakan font yang lebih besar untuk nama dan judul bagian Anda. Gunakan huruf tebal dan miring untuk menyorot detail pendidikan dan riwayat pekerjaan Anda.

Daftar vs Paragraf: Deskripsi pekerjaan yang menyertakan daftar pencapaian berpoin lebih mudah dibaca daripada paragraf. Setiap kalimat harus memberikan sinopsis singkat dari pencapaian terkuat Anda di posisi itu.

Tinjau Contoh Pembuatan Format Resume

Dalam contoh berikut, nama pemohon dan header setiap komponen resume ditulis dengan font yang lebih besar dan tebal. Tanggung jawab pekerjaan dicantumkan, dan cetak miring digunakan untuk menyoroti rincian pekerjaan dan pendidikan, dan membedakan keterampilan komputer kandidat.

‘Pemohon Jane M.

31 Main Street Anytown, US 11213

janeapplicant@gmail.com | 555-321-4444

Pengalaman

Ambleside International, Manajer Basis Data

20XX Januari – Sekarang

Mengawasi desain, pengembangan, pemeliharaan, dan pengelolaan database hak milik Ambleside.

Merancang dan mengelola basis data keuangan, jaringan, dan operasi perusahaan.

Menguji basis data dan program perangkat lunak, memperbaiki kesalahan, dan melakukan modifikasi dan pembaruan.

Melakukan pemeliharaan siklus hidup basis data dan perangkat lunak secara teratur untuk memastikan tingkat kinerja sistem tertinggi dan kepatuhan terhadap persyaratan bisnis.

Menerapkan pemutakhiran basis data dan perangkat lunak utama dengan downtime 0 persen.

Memastikan integritas, keamanan, dan kepatuhan serta skalabilitas ketersediaan.

Mengatur, format, dan mengelola data untuk kueri dan proses penyimpanan yang efisien.

Pendidikan

Institut Teknologi XYZ, Kota, Negara

Sarjana Sains, Teknologi Informasi

Sertifikasi

Administrator Basis Data Microsoft Certified

Oracle Certified Professional

Keterampilan teknis

Bahasa: SQL, Java, .Net, Sistem Operasi C++: Windows, Unix, Linux, Sistem Basis Data iOS: MS SQL Server, PostgreSQL, MySQL, Oracle, Ingres

5. Simpan Dokumen

Pilih nama file untuk resume Anda yang menyertakan nama Anda sendiri saat menyimpan resume Anda: janeapplicantresume.doc, misalnya. Manajer perekrutan akan lebih mudah melacak materi aplikasi Anda.

Bersiaplah untuk menyimpannya dalam berbagai format, seperti Microsoft Word, Google Documents, atau PDF, misalnya, sehingga Anda dapat menanggapi permintaan manajer perekrutan untuk jenis dokumen tertentu.

6. Cara Menyusun Resume: Mengoreksi dan Mencetak Versi Terakhir

Sebelum resume Anda selesai, penting untuk mengoreksi dengan seksama. Kemudian cetak salinan untuk memastikan apa yang ada di halaman tercetak sejajar dengan apa yang ada di komputer Anda.

Baca Juga: 10 Kesalahan pada Resume yang dapat Menyebabkan Anda Kehilangan Lowongan Tersebut

Setelah diatur, cetak salinan tambahan untuk dibawa ke wawancara dengan Anda. Jika Anda tidak memiliki printer yang dapat Anda gunakan, tanyakan perpustakaan setempat atau toko peralatan kantor untuk melihat apakah Anda dapat mengakses printer di sana.

7. Cara Menyusun Resume: Targetkan Resume Anda untuk Setiap Pekerjaan yang Anda Lamar

Meskipun resume Anda selesai, ada satu langkah lebih cepat yang akan membantu resume Anda dipilih oleh applicant tracking system yang digunakan perusahaan untuk menyaring resume dan manajer perekrutan yang membaca aplikasi yang dipilih.

Masukkan kualifikasi dari daftar pekerjaan ke dalam deskripsi pekerjaan, keterampilan, ringkasan, dan tujuan atau profil resume Anda. Hanya perlu beberapa menit, tetapi menggunakan kata-kata dan istilah yang sama yang digunakan majikan akan membantu memastikan Anda cocok dengan pekerjaan itu.

Jaga agar Resume Anda Tetap Terbarui

Setelah resume Anda selesai, rencanakan untuk memperbaruinya secara teratur. Akan lebih mudah untuk mempertahankannya saat ini jika Anda masih dapat melacak pencapaian Anda, daripada harus membuat pembaruan besar sekaligus.

Nah, itulah 7 Cara Menyusun Resume dengan baik dan mudah dilakukan. Semoga bermanfaat!

Perlu diingat bahwa bila Anda ingin bermain judi bola, resume tidaklah dibutuhkan. Anda bisa bermain dan mendapatkan uang dari pertandingan sepak bola tanpa perlu membuat resume terlebih dahulu. Menarik, kan?